Contoh Pidato Pergaulan Bebas



KERANGKA PIDATO PERGAULAN BEBAS

1. Pembukaan
– Salam pembuka
– Ucapan syukur
2. Isi
– Sekilas tentang pergaulan bebas
– Faktor penyebab pergaulan bebas
– Contoh dampak negatif pergaulan bebas
– Cara menghindari salah pergaulan
3. Penutup
– Harapan yang ingin dicapai
– Salam penutup

PIDATO SINGKAT TENTANG PERGAULAN BEBAS

Yang saya hormati…..,
Yang saya hormati……,
Serta para hadirin sekalian,

( Ucapan Syukur )
…………………………………

Dalam kesempatan ini izinkanlah menyampaikan pidato yang berjudul :

REMAJA DAN PERGAULAN BEBAS
Hadirin yang saya hormati,

Dalam bukunya yang berjudul ” Psikologi Untuk Muda-mudi ” yang ditulis oleh : Singgih D. Gunarsa DR. Beliau mengatakan bahwa pergaulan bebas merupakan pergaulan yang luas antara pemuda dan  pemudi, dan tidak hanya mengelompokkan antara dua orang saja, tetapi meliputi banyak muda-mudi.

Dalam hal ini pergaulan bebas memiliki makna yang luas yang artinya siapa saja dapat bergaul tanpa memandang status, jenis kelamin, usia dll. Karena tanpa adanya dinding pemisah inilah banyak hal negatif yang ditimbulkan oleh pergaulan bebas.

Saudara-saudara sekalian,

Ada banyak sekali faktor yang dapat menyebabkan terjadinya pergaulan bebas,

Faktor Internal

1. Krisis Identitas
Usia remaja merupakan usia yang sangat rentan,  dalam pergaulan remaja selalu ingin menunjukkan eksistensi, ingin selalu tampil beda adalah salah satu sifat remaja, mereka tidak pernah peduli apakah yang mereka lakukan salah atau tidak.

2. Kontrol diri yang lemah
Kurangnya pengetahuan tentang agama, pendidikan akhlak dapat dengan mudah menyeret remaja dalam arus pergaulan yang tidak sehat. Mereka mau melakukan segala sesuatu tanpa memikirkan akibatnya. Mengikuti dan mencontoh perilaku orang yang di idolakan nya meskipun yang di contoh bukanlah hal yang baik.

Faktor Eksternal

1. Keluarga
Pendidikan yang salah dalam keluarga, seperti pilih kasih terhadap anak, memanjakannya, serta kurang perhatian dan kontrol yang baik, dapat menyebabkan seorang anak menjadi nakal dan sulit untuk dinasehati.

2. Lingkungan
Selain keluarga, lingkungan mempunyai peranan yang sangat penting dalam membentuk karakter seseorang, jika lingkungan itu baik bisa menjadi contoh yang baik pula, namun, jika lingkungan tempat tinggal kita tidak baik, dapat menyebabkan seseorang ikut terjerat dalam hal yang tidak baik pula.

Dari penjelasan saya diatas kita dapat menyimpulkan beberapa poin tentang faktor penyebab pergaulan bebas, diantaranya :
–  Kurangnya pengawasan dan kasih sayang dari orang tua
–  Bergaul di lingkungan yang tidak baik
–  Kontrol diri yang lemah
–  Krisis identitas

Hadirin yang saya muliakan,
 
Banyak sekali contoh nyata yang dapat kita lihat tentang dampak negatif yang disebabkan salah pergaulan, diantaranya : Pergaulan bebas, penyalahgunaan narkoba, tawuran dan masih banyak contoh lainnya. Namun ketiga contoh tersebut yang paling banyak di sorot dan paling sering kita dengar. Tentu saja kita tidak ingin anggota keluarga, kerabat ataupun tetangga mengalami hal yang demikian bukan? untuk itu marilah kita bersama-sama untuk selalu menanamkan hal-hal positif agar apa yang kita harapkan dapat tercapai dengan baik.

Saudara-sadara sekalian,

Karena keterbatasan waktu yang diberikan oleh saya, karenanya, saya akan mengakhiri pidato sederhana ini dengan harapan apa yang telah saya sampaikan dapat dijadikan pelajaran untuk kita semua. Akhir kata saya ucapkan…..

Wassalamu’alaikum Wr.Wb