Pengertian, tujuan serta Manfaat Koperasi



Pengertian Koperasi

Koperasi adalah badan usaha bersama yang bersifat sosial dan didasarkan atas asas kekeluargaan. Undang-Undang yang mengatur tentang perkoperasian di indonesia terdapat pada Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1992. Drs. Mohammad Hatta merupakan tokoh  pelopor koperasi di Indonesia. Oleh karena itu, beliau diangkat menjadi Bapak Koperasi Indonesia.

Tujuan Koperasi
Setiap badan usaha tentulah mempunyai tujuan atau visi dan misi, sama halnya dengan koperasi. Adapun tujuan koperasi adalah ” Meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan anggotanya “. Agar tujuan koperasi dapat dicapai, setiap anggota koperasi harus memenuhi kewajibannya masing-masing. Salah satu kewajiban dan tanggung jawab yang harus dilakukan oleh tiap anggota koperasi adalah membayar simpanan pokok dan simpanan wajib.
Manfaat Koperasi
Selain mempunyai tujuan yang mulia, koperasi juga mempunyai banyak manfaat bagi para anggotanya. Berikut beberapa manfaat koperasi :
  1. Di toko koperasi – Para anggota dapat membeli barang dengan harga yang relatif lebih murah jika dibandingkan dengan harga dipasaran.
  2. Di Koperasi Simpan Pinjam – Mendapatkan pinjaman dengan bunga rendah
  3. Di Koperasi Produksi – Menghindari persaingan yang tidak sehat dan mempermudah proses pemasaran barang.