Cara Membuat/menyusun Teks Pidato



Cara Membuat/menyusun Teks PidatoMembuat naskah pidato yang informatif dan menarik itu penting. Dalam menyampaikan pidato seseorang haruslah memahami apa yang sekiranya audience inginkan dan mendapatkan manfaat dariĀ  isi pidato yang disampaikan. Oleh karena itu, sebelum berpidato ada baiknya untuk selalu mencari materi/bahan yang dapat digunakan sebagai informasi tambahan. Langkah-langkah berikut sekiranya dapat dicoba untuk mulai membuat naskah pidato sendiri berdasarkan topik/tema pidato pilihan sobat.
Cara Membuat Naskah Pidato Singkat yang Informatif

Menentukan Topik dan Tujuan Pidato

Topik pembicaraan merupakan pokok permasalahan yang akan dikemukakan. topik yang akan disampaikan hendaknya menarik perhatian pendengar. Adapun tujuan pidato haruslah berhubungan dengan tanggapan yang diharapkan oleh pendengar.
Topik : Dampak Negatif Penyalahgunaan Narkoba
Tujuan umum : Sosialisasi
Tujuan Khusus : Memberikan penjelasan tentang dampak apa saja yang dapat ditimbulkan dari penyalahgunaan narkoba baik bagi diri sendiri maupun orang disekitar.

Memilih dan Menyempitkan Topik
Agar topik yang akan disampaikan lebih fokus dan terarah, pilihlah topik yang spesifik, hal ini sangat membatu ketika menguraikan isi pidato karena ruang lingkup pembahasannya lebih sempit.
Contoh :
Topik Luas : Narkoba
Topik Sempit : Dampak Negatif Penyalahgunaan Narkoba
Bisa sobat bayangkan, jika sobat mengambil topik
tentang narkoba tanpa mempersempit topik pembahasannya. Akan ada banyak materi yang dibahas yang berhubungan dengan narkoba, seperti Undang-undang narkotika, jenis-jenis narkoba dll. Setelah kita selesai menentukan topik dan tujuan pidato, selanjutnya mulailah menyusun uraian tentang topik yang sudah ditentukan tadi.
Menyusun Uraian

1. Mengumpulkan Bahan/Data

Seperti judul artikel ini ” Cara membuat naskah pidato singkat informatif danĀ  menarik “. Agar pidato yang disampaikan dapat memberikan informasi yang dibutuhkan audience, carilah bahan/data yang dapat dijadikan rujukan oleh pendengar. Sumber bahan/data dapat diperoleh dari buku, internet, maupun pengalaman pribadi.

2. Membuat Kerangka Pidato

Proses selanjutnya yang harus kita lakukan setelah mendapatkan materi pidato, mulailah dengan membuat kerangka pidato yang berisi hal-hal penting yang akan disampaikan.

3. Menguraikan Secara Detail

Mulailah mengembangkan isi pidato berdasarkan kerangka pidato yang telah dibuat, gunakan materi/bahan yang telah dipersiapkan.