Iklim Matahari dan Gambarnya

Category : Geografi
Iklim Matahari dan Gambarnyaby siroton.Iklim Matahari dan GambarnyaKlasifikasi iklim matahari didasarkan pada banyak sedikitnya sinar matahari yang diterima oleh permukaan bumi. Hal tersebut berkaitan dengan pergeseran semu matahari antara lintag 23,5° LU dan 23,5° LS. Pergeseran semu matahari itu menyebabkan terjadinya perbedaan suhu antara tempat yang satu dengan tempat lainnya di permukaan bumi. Gambar Iklim Matahari Iklim matahari dipermukaan bumi pertama kali […]
Klasifikasi iklim matahari didasarkan pada banyak sedikitnya sinar matahari yang diterima oleh permukaan bumi. Hal tersebut berkaitan dengan pergeseran semu matahari antara lintag 23,5° LU dan 23,5° LS. Pergeseran semu matahari itu menyebabkan terjadinya perbedaan suhu antara tempat yang satu dengan tempat lainnya di permukaan bumi.
Gambar Iklim Matahari

Iklim Matahari Dan Gambarnya
Iklim matahari dipermukaan bumi pertama kali diklasiikasikan pada zaman yunani. Pada saat itu iklim di permukaan bumi dibagi menjadi tiga daerah, yaitu daerah tropika, sedang dan kutub.

  1. Daerah tropika ditandai oleh adanya temperatur yang terus menerus tinggi dan tidak ada musim dingin.
  2. Daerah sedang ditandai oleh adanya perbedaan musim yang tegas, satu musim umumnya panas atau hangat dan lainnya sejuk atau dingin.
  3. Daerah kutub ditandai oleh tidak adanya musim panas dan temperaurnya rendah.

Pada tahun 1942, Klages membuat klasifikasi iklim berdasarkan perbedaan temperatur dipermukaan bumi menjadi lima daerah yaitu. daerah tropika, subtropika, sedang, dingin dan kutub.

  1. Daerah Tropika. Rata-rata temperatur setahun di daerah tropika adalah 22°C dan 28°C, tatapi di beberapa tempat lebih dari 30°C. Hal tersebut disebabkan kedudukan matahari selalu berada di daerah tropika, yaitu antara 23,5°LU dan 23,5°LS.
  2. Daerah Subtropika. Terletak antara 23,5° LU/LS dan 30° LU/LS. Daerah subtropika merupakan daerah peralihan antara iklim tropika dan iklim sedang. Di daerah itu suhu udara selama 4-11 bulan diatas 20°C. Oleh karena itu, didaerah tersebut curah hujan sangat sedikit dan te/rdapat gurun-gurun yang luas.
  3. Daerah Sedang. Terletak antara 30° LU/LS-40° LU/LS , antara lain wilayah eropa, Asia, Amerika utara, Amerika selata, Afrika bagian selata, dan Australia. Didaerah tersebut suhu udara selama 4-12 bulan berkisar antara 10°C-12°C.
  4. Daerah Dingin. Daerah digin terletak antara 40° LU/LS dan 66,5° LU/LS. Wilayahnya meliputi amerika utara, pulau-pulau di utara kanada, pantai selata Greenland, dan pantai utara siberia. Di daerah tersebut suhu udara selama 1-4 bulan berkisar antara 10°C-20°C. Sedangkan pada bulan lainnya kurang dari 10°C.
  5. Daerah Kutub. Daerah kutub terletak antara 66,5° LU/LS dan 90° LU/LS. Wilayahnya meliputi kutub utara (greenland) dan kutub selatan (antartika). Didaerah itu suhu udara rata-rata sangat rendah, yaitu -1°C. Oleh karena itu, di daerah itu terdapat salju abadi.

Author: 

Related Posts

Leave a Reply