Isi dan Makna Pembukaan UUD 1945 Republik Indonesia

Category : PKN, Sejarah
Isi dan Makna Pembukaan UUD 1945 Republik Indonesiaby siroton.Isi dan Makna Pembukaan UUD 1945 Republik IndonesiaUUD 1945 merupakan sumber hukum tertinggi di Indonesia. Pembukaan UUD 1945 terdiri dari empat alinea, masing-masing alinea memiliki nilai-nilai yang universal dan lestari. Pembukaan UUD 1945 juga merumuskan secara padat tujuan serta prinsip-prinsip dasar untuk mencapai tujuan dasar bangsa Indonesia. Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945           “Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa […]
UUD 1945 merupakan sumber hukum tertinggi di Indonesia. Pembukaan UUD 1945 terdiri dari empat alinea, masing-masing alinea memiliki nilai-nilai yang universal dan lestari. Pembukaan UUD 1945 juga merumuskan secara padat tujuan serta prinsip-prinsip dasar untuk mencapai tujuan dasar bangsa Indonesia.
Pembukaan UUD 1945 Republik Indonesia

Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945
          “Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu maka penjajahan diatas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan”.
 
          “Dan perjuangan kemerdekaan Indonesia telah sampailah pada saat berbahagia dengan selamat sentosa mengantar rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur”.
          “Atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas, maka rakyat Indonesia menyatakan dengan ini kemerdekaannya.”
          “Kemudian daripada itu, untuk membentuk suatu pemerintah  negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial, maka disusunlah kemerdekaan bangsa Indonesia itu dalam suatu undang-undang dasar negara Indonesia yang terbentuk dalam suatu susunan negara republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasar kepada Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang adil dan beradab, Persatuan Indonesia, dan kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, serta dengan mewujudkan suatu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia”.
Makna Pembukaan UUD 1945 Republik Indonesia
1. Makna Alinea Pertama UUD 1945
Menunjukkan keteguhan dan kuatnya pendiran bangsa Indonesia dalam dalam menghadapi penjajahan di dunia dan bertekad untuk merdeka.
2. Makna Alinea Kedua UUD 1945
Bahwa pengantar kemerdekaan Indonesia menghendaki negara Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur.
3. Makna Alinea Ketiga UUD 1945
Hal tersebut bukan hanya mengulangi pernyataan kemerdekaannya saja tetapi bangsa Indonesia juga menghendaki adanya suatu kehidupan yang seimbang antara masalah material dengan spiritual, antara kehidupan di dunia dan kehidupan di akhirat. Alinea tersebut menunjukkan pula sikap ketakwaan banga Indonesia terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Karena berkat ridho dan rahmat Nya bangsa Indonesia berhasil memperoleh kemerdekaannya.
4. Makna Alinea Keempat UUD 1945
Alinea keempat pembukaan UUD 1945 mengandung dalil subjektif dan objektif. Dalil subjektif yaitu pernyataan bangsa Indonesia untuk membebaskan diri dari penjajahan. Dalil objektif bahwa penjajahan tidak sesuai dengan peri kemanusian dan peri keadilan, karena itu harus ditentang dan dihapuskan agar semua bangsa di dunia dapat menikmati kebebasan atau kemerdekaan hak asasinya. Hal itu menunjukkan bahwa tugas dan kewajiban bangsa Indonesia untuk terus berjuang menentang dan melawan setiap bentuk penjajahan dan mendukung kemerdekaan setiap bangsa.

Author: 

Related Posts

Leave a Reply