surat izin sakit



Surat Izin Sakit

 

Surat Izin sakit merupakan sebuah surat pemberitahuan yan dibuat untuk memberikan informasi kepada penerima surat baik itu pimpinan perusahaan bagi anda yang bekerja sebagai karyawan/pns. untuk pimpinan organisasi bagi anda yang bekerja di organisasi non profit. untuk bapak/ibu guru wali kelas di sekolah bagi anda yang saat ini masih menjadi pelajar. Serta bagi bapak/ibu dosen bagi anda yang masih berstatus mahasiswa.
Dalam pelaksanaannya surat izin sakit biasanya bukan ditulis secara pribadi, akan tetapi ada orang yang mewakili penulisan tersebut. Untuk siswa misalnya, surat izin sakit biasanya ditulis oleh orang tua/wali. Akan tetapi untuk lebih menyakinkan kepada penerima surat biasanya dibutuhkan juga surat keterangan sakit dari dokter.
Walaupun begitu, semua standar maupun format biasanya tergantung dari masing-masing instansi/perusahaan. Ada pula yang hanya menggunakan surat keterangan sakit dari dokter saja sebagai surat yang mewakili surat izin sakit. Akan tetapi alangkah lebih baiknya jika kita menggunakan dua surat untuk mengajukan izin sakit. Yaitu berupa surat yang ditulis pribadi/orang yang mewakili serta surat keterangan sakit dari dokter untuk lebih menyakinkan pengguna.
Adapun cara untuk mendapatkan surat keterangan sakit dari dokter adalah dengan mendatangi praktek dokter dan memeriksakan kesehatan kita. Setelah kita memeriksakan diri, apabila memang membutuhkan istirahat, biasanya dokter akan memberikan surat keterangan sakit dan membutuhkan istirahat untuk beberapa hari. Nah, surat keterangan tersebutlah yang bisa digunakan sebagai tanda bukti dan surat izin kepada instansi/perusahaan anda.
Setelah kita mengetahui jenis-jenis surat izin sakit maka tiba saatnya untuk mengetahui format penulisan surat izin sakit yang baik dan benar. Tentu penulisan yang baik dan benar membutuhkan pengetahuan tentang Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) atau tata bahasa yang baik. Akan tetapi beberapa perusahaan biasanya sudah mempunyai blanko atau format surat tersendiri. Jadi kita bisa dengan mudah untuk mengisi blanko tersebut.
Akan tetapi tenang saja, untuk anda yang belum mempunyai format khusus dari perusahaan. Berikut adalah format penulisan surat izin sakit yang baik dan benar sesuai standar :
  1. Kop Surat (jika ada)
  2. Tempat dan Tanggal surat
  3. Salam Pembuka
  4. Pembuka
  5. Isi Surat (berisi Identitas, dan permintaan izin)
  6. Penutup
  7. Salam Penutup
  8. Tanda tangan & Nama Terang
Bagiamana sobat, sangat mudah bukan ? Membuat surat izin sakit memang tak terlalu sulit untuk dikerjakan. Yang terpenting dari itu semua adalah maksud dan isi yang bisa tersampaikan melalui surat. Karena itu merupakan inti atau tujuan adanya surat, yaitu untuk menyampaikan kabar dari pengirim kepada penerima.
Setelah kita mengetahui format surat izin, alangkah baiknya kita mengetahui contoh surat izin sakit yang sudah ada. Demi memudahkan sobat dalam penyusunan surat izin sakit, berikut adalah contoh surat izin sakit yang baik dan benar :