Contoh Surat Pernyataan Keramaian Acara/Kegiatan



Contoh Surat Pernyataan Keramaian Acara/Kegiatan – Bagi kita yang ingin menyelenggarakan suatu acara yang sifatnya ramai atau mengundang banyak orang, terdapat beberapa peraturan atau ketentuan yang harus kita penuhi. Salah satu prosedur yang paling umum dilakukan adalah dengan memohon kepada aparat setempat atau pihak yang berwenang agar mau memberikan izin kepada kita untuk menyelenggarakan acara tersebut. Lalu bagaimana caranya agar kita bisa mendapatkan izin tersebut? Caranya adalah dengan membuat Surat Pernyataan Keramaian. Surat Pernyataan Keramaian adalah surat pernyataan yang dibuat dengan tujuan memohon kepada pihak berwenang agar mengizinkan penyelenggaraan suatu acara yang bersifat ramai.

Di dalam Surat Pernyataan Keramaian ini terdapat beberapa hal penting yang harus menjadi perhatian kita ketika ingin menyusunnya. Beberapa hal penting tersebut antara lain :

    1. Kepala surat

Menuliskan kepala surat seperti surat pernyataan pada umumnya.

    1. Identitas penanggung jawab / pembuat pernyataan

Hal penting yang harus dicantumkan dalam Surat Pernyataan Keramaian ini adalah identitas diri orang yang membuat pernyataan atau si penanggung jawab kegiatan. Biasanya berisi nama lengkap, jenis kelamin, usia, pekerjaan, alamat, serta nomor kontak yang dapat dihubungi apabila sewaktu – waktu terjadi hal yang tidak diinginkan.

    1. Kegiatan yang dilaksanakan

Hal penting lainnya adalah menyebutkan rincian kegiatan yang akan dilaksanakan. Rincian kegiatan ini biasanya terdiri dari bentuk kegiatan, waktu pelaksanaan, lokasi atau tempat penyelenggaraan kegiatan, jumlah undangan atau orang yang hadir dalam kegiatan tersebut, serta hal – hal lain yang berkaitan dengan pelaksanaan kegiatan tersebut.

    1. Poin – poin pernyataan pertanggungjawaban

Poin ke 4 ini lah yang mungkin menjadi poin terpenting dalam Surat Pernyataan Keramaian. Pada bagian ini si pembuat pernyataan atau penanggung jawab kegiatan harus menyebutkan hal – hal apa saja yang akan dipertanggungjawabkan dalam pelaksanaan kegiatan tersebut. Secara garis besar, beberapa hal yang dimuat dalam bagian ini antara lain : – Kesanggupan untuk tidak mengganggu fasilitas umum seperti jalan raya (bebas macet). – Kesanggupan untuk tidak melanggar ketertiban atau mematuhi tata tertib yang berlaku di daerah tersebut. – Kesanggupan untuk melaksanakan kegiatan sesuai waktu atau durasi yang telah disepakati. – Kesanggupan untuk tidak melaksanakan kegiatan – kegiatan terlarang di luar acara tersebut seperti misalnya perjudian dan lain – lain. – Kesediaan untuk mempertanggungjawabkan apabila sewaktu – waktu terjadi hal yang tidak diinginkan. Termasuk risiko kegiatan tersebut ditutup oleh pihak berwenang.

    1. Penutup

Menutup surat dengan baik dan kalimat yang sopan.

    1. Tanda tangan dan nama terang

Memberikan tanda tangan dan nama terang si penanggung jawab kegiatan atau pembuat pernayataan.

    1. Materai

Bubuhkan juga materai jika memang diperlukan.

    1. Bahasa baku

Jangan lupa untuk menggunakan bahasa yang baik dan benar sesuai dengan tata bahasa Indonesia.

Mungkin para pembaca masih merasa kebingungan dengan hanya membaca teori di atas. Oleh karena itu, seperti biasa kami akan memberikan Contoh Surat Pernyataan Keramaian agar dapat memperjelas. Berikut kita simak langsung Contoh Surat Pernyataan Keramaian :

Contoh :

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama lengkap : Ahmad Nur Mujiono

Jenis kelamin : Laki – laki

Usia : 31 tahun

Pekerjaan : Wiraswasta

Alamat : Desa Ronggo, RT 02, RW 04, Kec. Jaken, Kab. Pati

No. Telepon : 081234567890

Kegiatan yang dilaksanakan :

Bentuk kegiatan : Resepsi pernikahan

Hari, tanggal : Rabu, 23 Maret 2016

Waktu : Pukul 09.00 – 17.00 WIB

Tempat : Kediaman Bapak Ahmad Nur Mujiono, Desa Ronggo, RT 02, RW 04, Kec. Jaken, Kab. Pati

Jumlah undangan : 100 orang

Hiburan : Kesenian Wayang Kulit dan Tayub

Dengan ini saya selaku penanggung jawab atau penyelenggara kegiatan menyatakan bersedia dan sanggup :

1. Melaksanakan kegiatan tersebut tanpa mengganggu / menggunakan jalur umum / jalan utama maupun jalan lainnya yang dapat mengganggu kelancaran arus lalu lintas.

2. Mampu mentaati peraturan dan tata tertib yang berlaku.

3. Melaksanakan kegiatan tersebut sesuai dengan waktu yang telah ditentukan yaitu mulai pukul 09.00 sampai jam 17.00 WIB (tertera dalam surat izin) dan jika melebihi batas waktu yang telah ditentukan, maka penanggung jawab bersedia jika pihak berwenang sewaktu-waktu membubarkan kegiatan tersebut.

4. Bertanggung jawab atas keamanan dan ketertiban dalam keramaian tersebut.

5. Sanggup dan berkewajiban untuk menghentikan / membubarkan kegiatan apabila terjadi gejolak akan menimbulkan keributan.

6. Tidak melaksanakan kegiatan yang dilarang seperti mengadakan / memberikan kesempatan kepada pemain judi dalam bentuk apapun.

7. Melaksanakan kegiatan tanpa menyediakan minum-minuman keras atau segala jenis zat yang memabukkan.

Demikian pernyataan ini saya buat dengan sesungguhnya. Apabila selama pelaksanaan kegiatan berlangsung terjadi hal – hal yang tidak diinginkan atau kurang sesuai dengan isi pernyataan di atas, maka saya selaku penyelenggara bersedia mempertanggungjawabkannya sesuai peraturan dan hukum yang berlaku. Termasuk pencabutan surat izin serta pemberhentian kegiatan oleh pihak berwenang.

Pati, 22 Maret 2016

Yang menyatakan,

Ahmad Nur Mujiono

Demikian Contoh Surat Pernyataan Keramaian yang dapat kami berikan. Semoga dapat bermanfaat dan membantu para pembaca sekalian. Mengenai kegiatan yang dilaksanakan serta poin – poin atau pasal – pasal pertanggungjawaban dapat disesuaikan sendiri dengan kebutuhan masing – masing. Sampai jumpa pada artikel dan pembahasan lainnya.