Contoh Surat Pernyataan Warga Belajar untuk RT/RW/Desa dan Dusun



Contoh Surat Pernyataan Warga Belajar – Di negara Indonesia ini, jumlah penduduk yang belum memenuhi program Wajib Belajar 9 Tahun masih sangat besar. Tingkat putus sekolah masih sangat tinggi. Orang – orang yang sama sekali belum mengenyam bangku pendidikan alias buta huruf juga masih tersebar di seluruh pelosok tanah air. Mengatasi hal tersebut pemerintah telah berupaya untuk menyelenggarakan pendidikan gratis bagi masyarakat. Banyak juga Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) yang bermunculan untuk membantu mengurangi tingkat buta huruf di Indonesia. Salah satu program yang diselenggarakan adalah Kejar (kelompok belajar). Dan biasanya program Kejar Paket ini tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis sampai tamat (lulus). Program Kejar Paket ini umumnya terdiri atas 3 golongan, yaitu :

  1. Kejar Paket A (setara dengan SD)
  2. Kejar Paket B (setara dengan SMP)
  3. Kejar Paket C (setara dengan SMA)

Contoh Surat Pernyataan Warga BelajarUntuk dapat mengikuti program tersebut biasanya orang yang bersangkutan harus membuat suatu pernyataan mengenai kesanggupan mengikuti program Kejar Paket sampai lulus. Pernyataan ini lah yang disebut Surat Pernyataan Warga Belajar. Surat Pernyataan Warga Belajar ini juga mempunyai versi lain yaitu Surat Pernyataan Warga Belajar yang isinya adalah menyatakan bahwa orang yang bersangkutan telah menyelesaikan program Kejar Paket. Beberapa hal yang harus diperhatikan ketika menyusun Surat Pernyataan Warga Belajar ini antara lain :

      1. Kepala surat

    Untuk menyatakan jenis surat (Surat Pernyataan).

      1. Identitas diri

    Menyebutkan identitas diri orang yang bersangkutan seperti nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, jenis kelamin, pendidikan terakhir, alamat, dan lain sebagainya.

      1. Isi surat

    Isi surat ini disesuaikan dengan keperluan orang yang bersangkutan, pernyataan kesanggupan mengikuti program pembelajaran, atau pernyataan telah menyelesaikan program pembelajaran.

      1. Penutup

    Menutup Surat Pernyataan Warga Belajar seperti penutup surat resmi pada umumnya.

      1. Tanda tangan dan nama terang

    Sebagai bukti bahwa yang membuat pernayataan tersebut benar – benar orang yang bersangkutan.

      1. Materai

    Untuk menambah nilai keresmian pada Surat Pernyataan Warga Belajar.

      1. Lampiran (bila ada)

    Lampiran ini biasanya diperlukan apabila orang yang bersangkutan baru akan mengikuti program pembelajaran (Kejar Paket). Biasanya berisi fotokopi ijazah terakhir dan sebagainya.

Jika para pembaca masih sedikit kebingungan mengenai bagaimana bentuk dari Surat Pernyataan Warga Belajar ini, seperti biasa akan kami cantumkan beberapa Contoh Surat Pernyataan Warga Belajar sebagai bahan referensi. Berikut di antaranya :

Contoh 1 : Sebelum / akan mengikuti program pembelajaran

SURAT PERNYATAAN

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama lengkap : Yarno

Tempat, tanggal lahir : Pati, 1 Januari 1999

Jenis kelamin : Laki – laki

Nama orang tua : Kedi

Pendidikan terakhir : SD

Alamat : Desa Ronggo, RT 02, RW 04, Kec. Jaken, Kab. Pati

Dengan ini menyatakan bahwa saya bersedia mengikuti program pendidikan Paket B (setara SMP) yang diselenggarakan oleh lembaga Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Sri Dami Pelita di Kec. Jaken, Kab. Pati tahun 2016 sampai dengan tamat (lulus), dengan catatan tanpa dipungut biaya apapun (gratis). Bersama surat ini saya lampirkan pula fotokopi ijazah SD dan beberapa dokumen lainnya.

Demikian pernyataan ini saya buat dengan sebenar – benarnya dan agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Pati, 20 Maret 2016

Pembuat pernyataan,

[materai]

Yarno

Contoh 2 : Telah menyelesaikan program pembelajaran

SURAT PERNYATAAN

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama lengkap : Endang Muryani

Tempat, tanggal lahir : Pati, 17 Agustus 1994

Jenis kelamin : Perempuan

Alamat : Desa Ronggo, RT 02, RW 04, Kec. Jaken, Kab. Pati

Dengan ini menyatakan bahwa saya telah menyelesaikan program pembelajaran Kejar Paket C (setara SMA) selama 3 (tiga) tahun dari kelas X (sepuluh) Tahun Ajaran 2010/2011 sampai dengan kelas XII (dua belas) Tahun Ajaran 2012/2013 yang diselenggarakan oleh lembaga Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Sri Dami Pelita di Kec. Jaken, Kab. Pati.

Demikian pernyataan ini saya buat dengan sebenar – benarnya. Apabila di kemudian hari terdapat sesuatu hal yang tidak sesuai dengan pernyataan ini maka saya bersedia mempertanggungjawabkannya sesuai dengan peraturan dan hukum yang berlaku.

Pati, 20 Maret 2016

Yang membuat pernyataan,

[materai]

Endang Muryani

Dari 2 Contoh Surat Pernyataan Warga Belajar di atas pasti para pembaca sekalian telah menemukan perbedaan yang cukup jelas. Mengenai isi dari Surat Pernyataan Warga Belajar tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing – masing. Sampai jumpa pada pembahasan lainnya.